Kamis, 02 Juni 2011

TITIKNOL - Eksistensi sebagai pemain seni

bicara tentang hidup gw ke belakang, pasti ga lepas sama yang namanya TITIKNOL.... ya ini adalah nama sebuah band ketika gw hidup sebagai perantau di Yogyakarta... memang bukan pertama kali gw bikin band dan aktif sebagai musisi... kehidupan bermusik gw dimulai ketika masih SMA yang mana dulu yang namanya ngeband hanya untuk menyalurkan hobi semata...
tahun 2005 ketika gw masih duduk di bangku kuliah adalah saat pertama kali titiknol terbentuk... sebenernya ga ada niatan gw untuk kembali ngeband di bangku kuliah.... niat awal gw dulu hanya belajar dan belajar... namun suatu ketika gw sama heri (bassist titiknol) sepakat buat mengisi waktu luang ketika kita menimba ilmu... saat itu kita hanya mencari partner in crime hanya dari link temen2 sepergaulan kita.... dan akhirnya setelah beberapa kali jamming terbentuklah line up titiknol yang pertama... Adri (guitar), Tosan (guitar), Heri (bass), Ihsan (drum) dan gw sendiri sebagai front line upnya alias sebagai penyanyi... sebenarnya suara gw jauh dari kata bagus... tapi saat itu ga ada lagi yang punya nyali sebagai penyanyi juga dikarenakan permainan alat musik gw yang minim... maka dengan sangat terpaksa gw berani tampil sebagai biduan.... hehehehe.....
event pertama titiknol saat itu adalah eventnya SMA muhammadiyah 3.. sayangnya dokumentasi saat itu entah gw taruh mana. yang pasti mungkin itu adalah event pertama dan terburuk yang pernah kita alami... maklum band baru lahir tapi sudah di daulat untuk jadi band tamu... whatever... bagi gw itu adalah proses, dan proses harus dijalani....

(inilah performance pertama titiknol, entah apa maksud dari kostumnya, yang pasti sebelum adanya kuburanband,  titiknol lebih dulu mengenakan kostum ini heheehehe)



dan seperti layaknya band band papan atas
negeri ini, titiknol juga sempat berganti ganti personel. banyak alasan terjadinya pergantian line up ini. dari ketidak cocokan antar personel sampai perubahan format band yang kala itu kita belum menemukan jati diri dalam tubuh band ini. tosan dan iksan akhirnya mundur dari band. dan andiy datang mengisi kekosongan sebagai pemain drum.
dan dengan tingkat percaya diri yang tinggi akhirnya kita mencoba untuk masuk dunia rekaman.
lagu yang pertama kali kita recording berjudul PENJILAT. kembali gw kurang memahami kenapa harus berjudul penjilat??? mungkin karena idealisme yang masih menggelora sehingga selalu muncul hal hal yang tidak dibarengi dengan rasional....


dan inilah formasi yang paling up to date dari titiknol. Irdian Hasanuddin Alsamora sebagai pemain gitar, Andi Putra Sebagai pemain gitar, Heri Herpens sebagai pemain Bass dan Gw sendiri Sriyuda Ermansyah Sebagai Penyanyi. dan satu lagi sosok yang selalu mendukung semua aktivitas kami. Manager sekaligus sahabat kita Fadint.

kita berkomitmen, kita bermimpi dan kita bertekad untuk memajukan titiknol tidak hanya sebagai hobi semata. namun juga sebagai jati diri kita sebagai penikmat dan pelaku musik. dan itu semua kita buktikan dalam karya karya yang kita ciptakan sampai terbentuknya indie album pertama yang berjudul "REFLECTION, DEVOTION ana PRAYER". tema yang tergolong berat namun mewakili smua yang ada dalam intisari kehidupan kita saat ini.

dan bagi yang belum pernah denger lagu lagunya bisa di download di link ini :

TITIKNOL - REFLECTION, DEVOTION and PRAYER (Album)

2007 menjadi tahun yang terang buat TITIKNOL saat itu. kita bangga dengan apa yang kita lakukan. walaupun selalu ada pro kontra dari apa yang kita jalani. setidaknya Album ini adalah pembuktian eksistensi kita sebagai seniman sekaligus band yang cukup dikenal.




WE ARE NOT DISPERSE, WE JUST VACUUM FOR A WHILE. TITIKNOL STAYS FOREVER

www.reverbnation.com/titiknol

0 komentar: